Binkam  

Warga Panik Keluar Rumah, Saat Gempa 4,3 Magnitudo Guncang Lombok

PostNTB. Mataram– Gempa bermagnitudo 4,3 mengguncang Lombok, Propinsi Nusa Tenggara Barat NTB, Kamis (28/5) pukul 15.23 Wita.

Gempa dengan suara gemuruh cukup keras ini mengagetkan warga, hingga berhamburan keluar rumah.
Pantauan media ini, warga yang tengah berada di rumah beristirahat siang, berhamburan keluar menyelamatkan diri. Dengan membawa anak-anak kecil.

Sementara warga dengan posisi sedang bekerja di kantor, juga memilih keluar karena takut bangunan roboh.

” Saya takut, tinjot (gempa) keras sekali,” ujar Sril, pegawai salah satu minimarket. Pihaknya mengaku trauma, setiap kali ada gempa.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mataram, Ardhianto Septiadi mengatakan pusat gempa ada pada 19 kilometer barat laut Lombok Barat.
Dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa berlokasi 8.54 LS, 116.04 BT ini dirasakan di Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Barat, Mataram III MMI, dan Karangasem MMI.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami dan warga harap tenang,” terang Ardhianto, seraya menjelaskan seismisitas wilayah NTB dan sekitarnya pada minggu keempat di bulan Mei, telah terjadi gempa bumi sebanyak 95 kejadian. Yang didominasi oleh kejadian gempa bumi di utara dan selatan Nusa Tenggara Barat.

Hasil monitoring BMKG usai gempa 4,3 yang terjadi pukul 15.23 Wita ini, belum terjadi gempa susulan. Beberapa menit pasca gempa ini, hujan deras mengguyur kota Mataram dan sekitarnya hingga sore hari.(Luh).

Leave a Reply

Your email address will not be published.