Wagub NTB : Desa Gemilang Strategi Terwujudnya NTB Gemilang

by -4 views

Mataram – Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M. Pd menekankan bahwa program Desa Gemilang adalah kunci dan strategi untuk mewujudkan visi NTB Gemilang yang selama ini terus digaungkan pemprov NTB.

“Desa Gemilang merupakan strategi kunci dalam mewujudkan NTB Gemilang, sehingga sinergi seluruh pihak terkait sangatlah dibutuhkan untuk mensukseskan program tersebut”, ungkap Ummi Rohmi sapaan Wagub NTB saat membuka Forum Group Discussion di Bappeda Provinsi NTB, Senin (1/11/2021).

Wagub menjelaskan terdapat beberapa program yang termasuk dalam Desa Gemilang antara lain, Posyandu Keluarga, Bumdes Maju, Industrialisasi, Digitalisasi, Zero Waste, Kehutanan, Pertanian, Perikanan, Ekraf, PAUD HI, Perpustakaan Desa, Desa Wisata, Desa Bersinar dan Desa Tangguh Bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Ummi Rohmi juga memaparkan bahwa terdapat beberapa strategi yang harus diimplementasikan untuk mensukseskan program Desa Gemilang, yaitu Menguatkan Kolaborasi, Meningkatkan Sinergi dengan Pemerintah, Meningkatkan Jejaring Kerjasama, Melakukan Aksi Nyata, serta Menyusun Program Lintas Sektor.

“Lima hal tersebut harus benar-benar kita implementasikan untuk mencapai target 1005 Desa pada tahun 2022 mendatang”, jelas Ketua DPRD Lombok Timur periode 2009- 2013 tersebut.

Adapun target pemerintah pada tahun 2022 adalah membangun 1005 desa dengan cara terus mendorong program industrialisasi agar nantinya pada tahun 2023, NTB akan Go Public karena masyarakatnya telah mampu mandiri secara ekonomi melalui investasi yang berkelanjutan.

Sebagai penutup, Ummi Rohmi berharap bahwa dengan adanya kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak untuk mensukseskan program-program Desa Gemilang, masyarakat akan merasakan dan menyadari manfaat positif dari visi misi yang dibangun Pemerintah adalah untuk kebaikan masyarakat NTB sendiri.

Turut hadir pada kesempatan tersebut beberapa Kepala Dinas dan stakeholders terkait. (diskominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.