Tiga Hari Tiga Malam Tim Karhutla Padamkan Api Bukit Anak Dara Sembalun

postntb.com|Sembalun – Tim Karhutla baru berhasil memadamkan api bukit Anak Dara Kecamatan Sembalun setelah tiga hari tiga malam, dengan usaha dan kerja keras tim. Sedangkan luas areal padang savana yang terbakar mencapai seluas 30 hektar lebih.

 

Kebakaran dimulai sejak tanggal 13 November 2020, sedangkan api bisa dipadamkan tanggal 15 November 2020 atau Minggu malam kemarin oleh petugas.‎

 

Hal ini ditegaskan Kepala PKH Rinjani Timur, L.Ayyub Zainuddin saat dikonfirmasi, Senin (16|11). ” Alhamdulillah dengan kerja keras tim karhutla akhirnya api bukit anak dara bisa dipadamkan,” tegasnya.

 

Ia menjelaskan dari data yang ada luas areal padang savana yang terbakar mencapai 30 hektar. Dengan berdasarkan kesepakatan tim yang ada dalam kegiatan pemadaman api di bukit anak dara.

 

Dimana tim terdiri dari TNI, Polri, TNGR, Polhut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KPH Rinjani Timur, para pelaku wisata dan masyarakat juga ikut membantu memadam api.

 

” Jumlah personel yang dilibatkan dalam tim Karhutla pemadaman api di bukit anak dara mencapai ratusan orang dengan bahu membahu untuk memadamkan api,” Ujarnya.

 

Lebih jauh L.Ayyub menambahkan api pertama kali berasal dari belakang bukit dari yang berada di bukit wilayah Sambelia,kemudian menyebar ke padang savana bukit anak dara.

 

Sehingga meluas dengan kondisi angin yang keras dengan menyebabkan api menjalar ke sejumlah titik yang berada di bukit anak dara. Akan tapi untung bisa dipadamkan oleh tim dengan perjuangan yang keras.

 

” Kami sedang menyelidiki penyebab  terbakarnya bukit anak dara ini dengan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian,” tandasnya.

 

” Kami tetap mengantisifasi adanya nanti titik api nantinya di wilayah bukit anak dara,” tukasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.