Binkam  

Tekan Angka Stunting Pemda Lombok Utara Lakukan Ini

PostNTB. LOMBOK UTARA – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, dr. Lalu Bahrudin, menggelar rembuk bareng membahas penurunan angka stunting terintegrasi Tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Lombok Utara, Senin (29/6/2020).

Menurut Lalu Bahrudin, di tahun 2020 peningkatan dari 10 saat ini menjadi 16 Desa disebabkan terjadinya gempa bumi dua tahun yang lalu, dan ditambah lagi dengan adanya pandemi covid-19.

” Ini menyebabkan lokus desa stunting mengalami peningkatan,” kata Lalu Bahrudin saat di temui wartawan. Senin (29/6/2020).

Ia juga menjelaskan, dengan adanya program rembuk ini di harap mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten Lombok Utara dengan meningkatkan sinergitas dengan pihak pihak terkait tentunya.

” Kita mengharapkan pemerintah desa dan pihak lainnya lebih giat lagi menjalin kerjasama agar apa yang menjadi tujuan bersama ini dapat terwujud,”Ujar dr. Baharudin.

Dalam rangka menurunkan angka stunting dibutuhkan kerjasama dan koordinasi dari semua pihak yakni dari tingkat Pemerintah Daerah, Kepala Desa dan tingkat Dusun serta keterlibatan kearifan lokal setempat secara aktif.

Adapun tujuan pertama dari adanya akselerasi angka stunting ini adalah untuk membangun komitmen publik dan deklarasi Pemerintah Daerah Lombok Utara terhadap keberadaan program stunting tersebut.

Di tempat yang sama ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara Nasrudin, S.Hi sangat mengapresiasi dan mendukung semua trobosan yang dilakukan oleh pemda dalam hal ini Dinas Kesehatan dalam upayanya menurunkan angka Stunting.

” Kendati kondisi keuangan daerah saat sekarang ini belum pulih benar pasca terjadinya gempa bumi tahun 2018 lalu, dan lagi saat sekarang ini di hantam dengan adanya pandemi global covid 19, sehingga sangat berdampak pada bidang ekonomi masyarakat kita yang seolah olah jalan ditempat karena program program yang sudah direncanakan sebelumnya menjadi tidak bisa dilaksanakan dikarenakan sebagian biaya tersebut dialihkan untuk penanganan corona ini, pada prinsif kami dari unsur legislatif akan mengawal ketat anggaran tersebut,”Beber Nas.

Dalam rangka menurunkan angka stunting tersebut lanjutnya, di perlukan juga terobosan-terobosan yang inovatif sehingga tujuan bersama ini dapat segera terwujud. Dan kesadaran kita masing masing personal tidak kalah pentingnya dalam menentukan kesuksesan.

” Dan program menurunkan angka stunting ini sebagai salah satu tolak ukur keberhasilannya,”Sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.