Puluhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Bandara dikawal ketat Polisi ke Tempat Karantina

by -0 views

Postntb.com-Praya, -Sebanyak 81 warga Negara Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Bandara Lombok International Airport (LIA), Sabtu (02/1). Setelah menjalani pemeriksaan ketat di terminal, mereka langsung dikawal kepolisian ke pusat karantina kesehatan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Kepala kepolisian Resor Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, S.I.K menerangkan puluhan pekerja migran itu dibawa menuju tempat karantina yang sudah disiapkan oleh Gugus Tugas Covid-19 provinsi NTB, yakni di Asrama Haji dengan pengawalan ketat kepolisian.

“Dari tiba di bandara kita lakukan pengamanan, kemudian mereka kita kawal ketat sampai ke tempat karantina yang telah ditentukan untuk menjalani kesehatan lanjutan,” jelas Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menghimbau kepada para penjemput apabila ingin menemui para pekerja migran yang baru tiba bisa menunggu di lokasi karantina agar tidak terjadi kerumunan di bandara.

“Kita himbau juga kepada keluarga para TKI yang menjemput untuk menunggu di lokasi karantina, agar tidak terjadi kerumunan di Bandara,” pungkas Kapolres.

Sementara itu Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB Hj. Wismaningsih Drajadiah mengatakan pemulangan Pekerja Migran Indonesia sebanyak 81 orang ini merupakan TKI yang kerja di Malaysia karena sudah habis masa kontrak.

“Mereka semua sudah habis masa kontraknya, makanya dipulangkan,” kata Ningsih.

Sesuai surat edaran dari satkes pusat dan pengumuman dari mentri luar negeri, bahwa semua yang datang dari luar negeri baik WNA maupun WNI menggunakan penerbangan langsung harus dikarantina selama lima hari dan untuk semua pekerja sementara akan dikarantina di Asrama Haji untuk dilakukannya pemeriksaan lebih lanjut.

“Jadi mereka tidak bisa pulang langsung, kita harus karantina dulu selama lima hari untuk mencegah Covid-19,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.