Pemerintah Kecamatan Sandubaya Bersama Babinsa dan Damkar Kota Mataram Berikan Pelatihan Penaggulangan Kebakaran Skala Kecil Untuk Masyarakat

Mataram, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ikuti dan praktekkan cara memadamkan api dalam sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang di laksanakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Mataram di Aula Kantor Camat Sandubaya, Jl. Sandubaya No. 86, Mandalika, Kecamatan Sandubaya, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (8/11/2022).

Dalam laporannya Babinsa Babakan Serka Rusdi mengungkapkan, “dengan sering terjadinya musibah kebakaran di beberapa daerah, Damkar Kota Mataram bersama pihak kecamatan memberikan pelatihan kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan perwaklian kepala lingkungan se Kecamatan Sandubaya,” jelasnya.

“sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tujukkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Linmas dan perwakilan yang hadir cara atau teknik penanganan kebakaran yang di sebabkan oleh kebocoran tabung gas,” tambahnya.

Camat Sandubaya Henny Suyasih, S.STP., menyampaikan, “kegiatan ini merupakan implementasi pemerintah kecamatan yang bekerjasama dengan Dinas Damkar untuk mengenalkan peralatan dan perlengkapan Pemadam kebakaran, sebab-sebab timbulnya kebakaran, teori dan praktek penanggulangan kebakaran baik dengan kain basah maupun dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” tuturnya.

“semoga simulasi penanggulangan kebakaran dengan media tumpukan kayu dalam drum ini bisa menjadi simulasi jika terjadi musibah kebakaran yang menimpa kita yang di sebabkan oleh kebocoran tabung gas atau arus pendek listrik bisa kita tangani dan atasi sebelum tiba petugas Damkar,” tegasnya.

Ia juga berharap, “Tujuan dari sosialisasi tersebut selain memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyebab kebakaran, juga melatih masyarakat agar mampu menanggulangi kebakaran dalam skala kecil baik dengan APAR maupun dengan alat tradisional misalnya kain basah,” harapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.