Lomba Menghafal Al-qur’an Polres KSB Jadi Kesibukan Jelang Akhir Tahun

by -6 views

Sumbawa Barat

Menjelang Pergantian Tahun 2020  menuju 2021 Pengurus Cabang Bhayangkari Sumbawa Barat berinisiatif untuk meningkatkan kegiatan positif jelang akhir tahun melalui Lomba hafiz Al-Qur’an dan men-tahfidz surat-surat atau ayat dalam Al-Qur’an. Bahkan ini di sampaikan oleh Ketua Cabang Bhayangkari Sumbawa Barat, lomba ini untuk meningkatkan minat baca anggota untuk membaca al-qur’an bahkan menghafal surat-surat dalam al-qur’an. Rabu (30/12)

“secara, anggota dan bhayangkari sudah banyak di sibukkan dengan kegiatan-kegiatan internal maupun di lapangan. kita butuh suasana baru, mungkin merefleksi kita semua dengan ayat-ayat al-qur’an”, ujar ketua bhayangkari di Masjid Al-Rahmatullah Polres Sumbawa Barat sabtu pada 11 desember lalu saat pertama kali pembukaan lomba ini.

Ia menambahkan jika kegiatan ini juga untuk menekan kegiatan negatif anggota polri khususnya di Polres KSB menjelang akhir tahun 2020 ini. Adapun peserta yang mengikuti lomba hafiz qur’an ini tidak mempunyai kategori tertentu melainkan hanya di titik beratkan dengan hafalan-hafalan Al-qur’an bahkan hingga ke ayat pendek al ikhlas agar semua anggota bisa mengikuti dengan bebas lomba tersebut.

Walau demikian, semua peserta juga di seleksi dahulu oleh 3 Juri Seleksi yang sudah di siapkan Ibu Ketua Cabang Ny. Deasy Herman Suriyono yakni Saudara Dedi Rahman, M Habib Solihin dan Saudari Nadila Isnaini Balqis yang langsung di datangkan dari KLU untuk menyeleksi lomba ini.

Hal ini di lakkukan untuk memastikan siapa yang bisa memenuhi syarat untuk mengikuti lomba dari babak awal hingga babak final nanti. Dari beberapa selesksi, setidaknya Juri mengantongi 35 hingga 40 nama anggota (peserta) dari polres dan polsek jajaran untuk mengikuti lomba hafiz qur’an. Bahkan pada Babak Final Juri yang di jadikan Juri pada Babak akhir atau Final

Pada puncak Lomba, para juri juga hanya menyisakan 10 (sepuluh) peserta terbaik di babak final yang juga dilaksanakan pada hari selasa kemarin. Dari pelaksanaan pada 11 desember lalu, setelah melalui beberapa babak, seluruh  peserta bahkan diberikan banyak waktu untuk lebih meningkatkan bacaan dan hafalan yang nantinya akan di persembahkan untuk babak berikutnya.

Kata Ny. Deasy membeberkan lagi, Setelah anggota atau peserta pulang dari bekerja, mereka akan langsung mencari waktu luang untuk membuka al-qur’an dan di sibukkan dengan al-qur’an di sisa waktu luangnya. Kegiatan ini makin menambah perhatian dari juri-juri yang menjadi bagian dari lomba hafidz ini karena hal ini jarang di lombakan oleh Instansi-instansi lain termasuk Polri.

“Kami Lombakan ini karena memang menjelang akhir tahun, kita mesti meningkatkan kegiatan-kegiatan positif untuk kita sekalian. Alhamdulillah respon-respon Para Dewan Juri mengenai Lomba ini mendukung semua. Ustadz Azhari Nasution yang selaku juri Final di Lomba ini juga mengapresiasi kegiatan ini”, katanya,

Dan ke depan Kegiatan seperti ini semoga tetap terus di tingkatkan kata Ustadz Azhari. “Kami senang dan bersukur atas kegiatan ini, terimakasih juga kepada Kepolisian Polres KSB yang sudah mau mengadakan lomba ini, selain dekat dengan al-qur’an anggota juga secara langsung mengurangi kegiatan yang kiranya kurang bermanfaat untuk diri sendiri”, ujar ustadz azhari.

Dari rangkaian kegiatan lomba, Ketua Bhayangkari dan Kapolres juga menyiapkan Uang Pembinaan bagi peserta yang mendapatkan juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.