Kadikes Lobar: Menyiapkan Langkah Strategis Dalam Mempersiapkan Gerakan Nasional Ibu Hamil Sehat

Lombok Barat, NTB – Peringatan hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tahun 2022, di barengi oleh deklarasi Ibu hamil sehat yang di lakukan oleh 11 orang perwakilan ibu hamil yang di inisiasi oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar di Aula Kantor Bupati Lobar, Jum’at (23/12/2022).

Dengan mengusung tema Perempuan berdaya, Indonesia Maju peringatan hari ibu tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, yang mengapresiasi peringatan hari ibu tersebut berbeda pada tahun-tahun sebelumnya.

Ni Luh Sariasih salah seorang perwakilan ibu hamil mengajak, “kepada semua pihak untuk selalu memberikan dukungan kepada ibu hamil, agar menjadi ibu hamil yang sehat dan bahagia sehingga melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas,” harapnya.

Dalam deklarasi tersebut, Ia bersama 11 orang Ibu Hamil Lainnya menbacakan dekrlarasi yang berbunyi, Melakukan pemeriksaan kehamilan sedikitnya 6 kali selama kehamilan dan 2 kali diantaranya periksa USG oleh dokter, Meminum Tablet Tambah Darah (TTD) setiap hari, Mengikuti kelas ibu hamil, Makan makanan sehat sesuai rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan, Melahirkan di fasilitas pelayanan Kesehatan,” ucapnya.

Bupati Lobar dalam sambutannya mengungkapkan, “deklarasi ibu hamil ini tidak hanya sekedar serimonial belaka. Nantinya bisa di sosialisasikan kepada masyarakat luas di Lobar. Untuk sekarang, Lobar baru mempunyai 6 alat Ultrasonografi (USG) yang ada di bebrapa puskesmas, dan mudah-mudahan pada tahun 2023 semua puskesmas sudah di siapkan alat untuk USG bagi masyarakat, ” ungkapnya.

Kepala Dikes Lobar Arief Suryawirawan, S.Si., Apt., MPH., mengungkapkan, “Deklarasi Ibu Hamil Sehat ini kita lakukan dalam rangka Gerakan Nasional Ibu Hamil Sehat yang di laksanakan serentak di seluruh indonesia. Gerakan Ibu Hamil Sehat ini di laksanakan juga di 20 Puskesmas yang ada di Lobar,” tegasnya.

“Masa depan bangsa tanggung jawab kita semua, kita tidak boleh meninggalkan generasi yang nantinya kualitasnya sama dengan kita. Kualitas mereka harus lebih bagus, untuk itu Dikes Lobar telah melakukan langkah-langkah stategis untuk menyaiapkan generasi-generasi kedepan di antaranya dengan melakukan program Gamaq, menekan stunting dan gizi buruk,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *