Kabaharkam Polri Cek Langsung Pengamanan WSBK di Sirkuit Mandalika

by -4 views

Mandalika, Lombok tengah – Sebagai upaya mensukseskan event World Superbike (WSBK) yang akan terlaksana mulai besok Jumat 19 hingga Minggu 22 November 2021 Kabaharkam Polri melakukan pengecekan setiap sisi pengamanan di Sirkuit Mandalika.

Kegiatan diawali dengan apel gelar pasukan di halaman masjid Nurul Bilad, Kuta, Lombok Tengah, Provinai Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18/11/2021).

Selanjutnya Kabaharkam Polri menuju Sirkuit Mandalika dan bertemu dengan penyelenggara event Word Superbike (WSBK) memastikan kelancaraan event yang akan terselenggara di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Terakhir Kabaharkam Polri mengunjungi Pos Patroli Rinjani 2021 di bundaran Sunggung, untuk memastikan pengamanan yang dilakukan TNI-Polri.

Kabaharkam Polri menjelaskan, pihaknya menerjunkan personil gabungan dari TNI-Polri untuk pengamanan event tersebut, tak hanya itu, dia juga kirim pasukan tambahan dari Korbrimob dan Korsabhara Polri ditambah 250 personel TNI dari Korem 162/WB.

“Yang jelas pasukan ini gabungan dari TNI Polri, Danrem mau mengerahkan 250 personel kemudian ada randisnya juga, personel dan peralatan kami datangkan juga dari Korbrimob dan Korsabhara Polri,” jelas Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto usai memimpin apel gelar pasukan di halaman Masjid Nurul Bilad Kuta Mandalika.

Selain itu sejumlah Anjing pelacak, Helikopter, Kapal Laut, Mobil anti huru-hara, Water Cannon disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan di Sirkuit Mandalika.

“Semua kami terjunkan disini, yang jelas kami semua mendukung pengamanan event WSBK ini, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan aman,” harapnya.

“Karena ini baru pertama semua tekhnis yang dijalankan dapat menjadi standarisasi oleh Gubernur, Kapolda dan juga Danrem supaya nanti di event-event selanjutnya dapat terlaksana dengan baik karena sudah mempunyai pattern atau pola pengamanan¬† yang tepat,” tambahnya.

Dengan pola yang sudah tersetting seperti ini, Kabaharkam Polri berharap hal itu dapat terus ditingkatkan dan melakukan evaluasi sehingga dapat ditemukan pola-pola yang efektif dan dapat diterapkan pada momen yang lainnya.

Kedepannya, dikawasan Mandalika nantinya akan dibentuk satuan kepolisian kawasan pariwisata super prioritas, guna dilakukan pengamanan ekstra dikawasan wisata yang menjadi aset negara dan juga untuk mengawal tamu yang berkunjung.

“Kami sudah memberikan rekomendasi kepada pimpinan Polri agar dibentuk satuan kepolisian kawasan pariwisata super prioritas ini, supaya betul-betul ditangani secara khusus oleh satuan polisi kawasan ini yang memiliki kompetensi dan memiliki perlengkapan dan cara bertindak yang tepat karena dia harus mensinergikan antara kegiatan wisata dan pelayanan kepada turis yang lebih baik,” tandasnya.

Selebihnya dia meminta media ikut mendukung kegiatan di Sirkuit Mandalika dengan pemberitaan yang positif agar wisatawan berhamburan datang ke NTB.

“Kami minta rekan-rekan media supaya disampaikan kepada masyarakat bahwa ini adalah event internasional dan menjadi kebanggan kita sehingga kita berharap bisa mendukung kesuksesan kegiatan ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.