Antisipasi Perkebangbiakan Nyamuk Malaria dan Demam Berdarah, Babinsa Langko Bersama Pemilik Kebun Laksanakan Fogging

Lombok Barat, NTB – Mengantisipasi perkembangan dan pertumbuhan nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah, salah seorang pemilik kebun bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) laksanakan Fogging/Pengasapan di Dusun Muhajirin Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Selasa (3/1/2023).

Babinsa Langko Sertu Muhammad Faesal
Dalam laporannya menjelaskan, “Fogging/pengasapan di wilayah binaannya di lakukan secara swadaya oleh pemilik kebun,” jelasnya.

“Khawatir dengan masyarakat sekitar, Pak Buyung pemilik kebun memerintahkan pekerjanya untuk melakukan pengasapan di sekitar perkebunan miliknya dan rumah-rumah masyarakat sekitar, mengingat musim hujan sudah mulai beralih, di khawatirkan banyak genangan yang menjadi lokasi perkembang biakan jentik nyamuk,” tambahnya.

“pengasapan ini di lakukan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah pada Manusia,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk, “Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, Tidak membuang Kaleng-kaleng yang bisa menampung air hujan, sehingga jentik-jentik Nyamuk Demam Berdarah berkembang, Rutin melaksanakan pembersihan lingkungan sekitar pemukiman tempat tinggal, Jika Warga masyarakat mengalami Demam Lebih dari 3 hari, agar segera berobat ke Puskesmas Terdekat,” tegasnya.

Pak Buyung mengungkapkan, “ini kami lakukan untuk menjaga dan melindungi masyarakat kami dari serangan nyamuk yang dapat mengakibatkan penyakit malaria dan demam berdarah, dengan mencegah dini mulai dari pengasapan ini. Kami berharap masyarakat terbebas dari gigitan nyamuk malaria dan Demam berdarah ini,” Tukasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *