Binkam

Polda NTB Amankan Pelabuhan Lembar, Jamin Kelancaran World Water Forum ke-10

×

Polda NTB Amankan Pelabuhan Lembar, Jamin Kelancaran World Water Forum ke-10

Share this article
Pengamanan World Water Forum di Bali Jadi Fokus Utama

LOMBOK BARAT, NTB – Pelabuhan Penyeberangan Lembar menjadi sorotan utama pihak keamanan dalam rangka pengamanan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali. Pada Rabu, 22 Mei 2024, pukul 16.30 WITA, anggota Ditsamapta Polda NTB yang tergabung dalam Operasi Puri Agung 2024 melakukan pemeriksaan ketat terhadap kendaraan dan penumpang yang memasuki area pelabuhan, termasuk tolgate dan ruang tunggu.

Ipda Muhammad Farhan Arrafi, S.Tr.K., S.I.K., Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menjelaskan bahwa pemeriksaan ini merupakan bagian dari Operasi Rinjani 2024, yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan kelancaran World Water Forum. “Kami bekerja sama dengan Ditpamobvit untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Lembar,” ujarnya.

Pemeriksaan meliputi pengecekan barang bawaan penumpang, kendaraan, serta identitas penumpang. Selain itu, petugas juga melakukan patroli rutin di area pelabuhan untuk mencegah potensi gangguan keamanan. Unit K-9 juga dikerahkan untuk mendeteksi bahan peledak atau barang terlarang lainnya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh peserta WWF. Pengamanan ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk menjaga citra Indonesia sebagai tuan rumah yang baik,” tambah Ipda Farhan.

Pihak kepolisian juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan di sekitar pelabuhan. Partisipasi aktif masyarakat diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama berlangsungnya WWF.

Pengamanan ketat di Pelabuhan Lembar ini diharapkan dapat mencegah masuknya pihak-pihak yang berpotensi mengganggu jalannya World Water Forum. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan acara internasional tersebut dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *