BinkamKabar Desa

Jumat Curhat Polsek Kuripan: Dialog dan Sinergi dengan Mahasiswa KKN Muhammadiyah

×

Jumat Curhat Polsek Kuripan: Dialog dan Sinergi dengan Mahasiswa KKN Muhammadiyah

Share this article
Polsek Kuripan dan Mahasiswa KKN Muhammadiyah Curhat Bareng di Desa Kuripan

Kuripan, Lombok Barat – Polsek Kuripan mengajak Mahasiswa KKN Tematik Muhammadiyah untuk berdialog dan bersinergi dalam kegiatan Jumat Curhat. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan masyarakat, sehingga informasi, masukan, dan pandangan dari masyarakat dapat terserap dengan baik oleh aparat kepolisian.

Jumat Curhat digelar di Dusun Kuripan II Desa Kuripan Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat, Jumat (11/8/2023). Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Sutrisno, yang didampingi oleh Ps. Kanit Binmas dan anggota lainnya.

“Jumat Curhat adalah program inovatif yang berasal dari Mabes Polri. Kami melaksanakan kegiatan ini setiap hari Jumat, untuk mendengarkan aspirasi masyarakat di tingkat Dusun. Kami ingin memastikan bahwa situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dapat terpelihara dengan aman dan lancar,” ujar Kapolsek Kuripan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Kuripan juga menyampaikan bahwa tujuan utama Polsek Kuripan adalah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan memastikan bahwa keinginan serta masukan dari masyarakat dapat diakomodasi dalam upaya menjaga kamtibmas. Ia menambahkan bahwa Polsek Kuripan dengan tekun menjalankan program ini, yang diinisiasi oleh Mabes Polri dan dilanjutkan oleh instansi kepolisian di berbagai daerah, sebagai bentuk dedikasi mereka untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Salah satu poin menarik dalam kegiatan tersebut adalah ucapan terima kasih dari perwakilan Mahasiswa KKN Muhammadiyah kepada pihak Kepolisian Polsek Kuripan. Mahasiswa ini mengapresiasi kehadiran Bhabinkamtibmas yang selalu mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan KKN Mahasiswa Muhammadiyah di Desa Kuripan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek Kuripan yang telah memberikan dukungan dan bimbingan kepada kami selama 45 hari pelaksanaan KKN. Kami juga mengharapkan pengetahuan tambahan dari pihak kepolisian untuk diterapkan dalam kehidupan pribadi dan berkontribusi positif di tengah masyarakat,” ucap perwakilan mahasiswa KKN.

Mahasiswa juga mengungkapkan harapan mereka agar anggota Polsek Kuripan dapat melibatkan diri dalam patroli malam dengan berkunjung ke Posko KKN di Dusun Kuripan II. Keinginan ini muncul sebagai upaya untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi para mahasiswa yang sedang menjalani KKN di Desa Kuripan.

Kapolsek Kuripan mengapresiasi usulan tersebut dan menjelaskan bahwa meskipun Polsek Kuripan tak dapat selalu berpatroli di Desa Kuripan setiap waktu, mereka tetap melaksanakan patroli rutin, baik pada malam maupun siang hari, di berbagai desa termasuk Desa Kuripan. Meskipun begitu, ia memberikan komitmen bahwa piket jaga Polsek Kuripan akan mengunjungi Posko KKN di Dusun Kuripan II pada malam hari untuk memastikan mahasiswa merasa aman dan nyaman.

Selain itu, Ps. Kanit Binmas juga menjelaskan bahwa di masing-masing desa, termasuk di wilayah Kecamatan Kuripan, sudah ada Bhabinkamtibmas yang siap memberikan dukungan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kerjasama ini terjalin erat dengan Babinsa di tiap-tiap desa, sehingga tercipta sinergi yang baik dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat secara menyeluruh.

Kegiatan Jumat Curhat di Desa Kuripan ini berhasil menciptakan dialog yang erat antara aparat kepolisian, mahasiswa, dan masyarakat setempat. Dalam suasana yang hangat, masukan dan harapan dari masyarakat dihargai dan direspons dengan baik oleh Polsek Kuripan. Semua pihak bersatu untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh warga Desa Kuripan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *