Polres Lobar Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Kinerja, Untuk Raih WBK dan WBBM

by -0 views

PostNTB.com – Tim Asesor Menpan RB, melakukan Desk Evaluasi Zona Integritas Tahun 2020 secara virtual yang diikuti langsung oleh Kapolres Lombok Barat beserta Jajarannya bersama Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, Selasa (24/11).

Dalam kegiatan Desk Evaluasi Zona Integritas Tahun 2020 dihadiri juga dari Pemerintah Daerah Lombok barat, DPRD Lobar, dan Kodim 1608 WB/ Lobardi Ruang Patriatama Polres Lombok Barat.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK mengatakan Polres Lombok Barat berkomitmen, melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas kerja di Lingkungannya.

“Perbaikan dan peningkatan kualitas kerja dilakukan, dengan terus melakukan penyempurnaan program bidang pelayanan,” ungkapnya.

Pencanangan zona integritas telah dilakukan serta membentuk  unit kerja dan ini juga telah disosialisasikan kepada publik.

“Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas Polres Lombok Barat  diantaranya Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Sistem Manajemen SDM, Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Pelayanan Publik,” terangnya.

Melaui kegiatan-kegiatan simpatik masyarakat, Polres Lombok Barat telah melakukan berbagai kegiatan simpatik diantaranya pembagian air bersih secara rutin, pengajian dan istigosah dengan melibatkan toga dan tomas Kab lobar,  kegiatan lomba dakwah, kegiatan bedah rumah, serta kegiatan nyongkolan masal sebelum masa pandemi covid 19.

Berbagai inovasi juga dikembangkan Polres Lombok Barat diantaranya inovasi Pelayanan Publik  patroli GPS , survei kepuasan masyarakat pada satpas Polres Lombok Barat sebagai kontrol kwalitas pelayanan,  program SILAQ.

“Program Silaq atau Seputar Informasi Lalulintas Kita, merupakan inovasi Polres Lombok Barat, memberikan kemudahan dengan memberikan perkembangan lalulintas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, yang disiarkan langsung dan bekerjasama dengan RRI Pro 2 Mataram,” paparnya.

Polres Lombok Barat menorehkan berbagai prestasi, diantaranya rewad Penghargaan Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Tahun 2017 Dan 2019 Dari Direktorat Jendral Perbendaharaan Kanwil NTB.

Penghargaan Kementerian Agraria aan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Kanwil Provinsi Nusa Tenggara Barat Pada Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Ptsl) Tahun 2019.

Penghargaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat Atas Kerja Keras Dan Prestasi Mengungkap Kejahatan Tindak Pidana Pemalsuan Uang.

“Polres Lobar juga tercatat dalam Rekor Dunia-Indonesia ( Muri ) Pada Pergelaran Pelayanan Kepada Masyarakat Dalam Bentuk Nyongkolan Massal ( Arak-Arakan Pengantin ) Pasangan Terbanyak,” imbuhnya.

Kapolres juga menegasakan bahwa, Polres Lombok Barat semakin hari harus semakin baik, untuk memiliki predikat WBK dan WBBM untuk kesejahteraan anggota.

“Berbagai inovasi yang dilaksanakan Polres Lombok Barat tentunya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat,” ujarnya.

Seperti kegiatan nyongkolan massal untuk memfasilitasi masyarakat agar lebih mudah dalam proses adminisrasi pernikahan, mengingat kondisi wilayah geografis kabupaten Lombok barat yang masih banyak jauh dari pusat pelayanan.

“Pembagian air bersih juga menjadi perhatian, dimana setiap tahun wilayah Lombok bagian selatan, mengalami kekeringan sehingga sering terjadi gangguan kamtibmas,” terangnya.

Selain itu, Kapolres Lombok Barat juga menjadi Role Model anggotanya, diantaranya dalam Program bedah rumah dengan melakukan penggalangan dana 1000 rupiah.

“Penggalangan dana 1000 rupiah dilakukan setiap apel pagi, dan untuk pengerjaannya dilakukan secara bersama-sama oleh anggota polres Lombok barat serta melibatkan unsur TNI dan pemerintah setempat,” imbuhnya.

Dijelaskan pula bahwa Program bedah rumah Polres Lombok barat ini ternyata mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

“Banyak masyarakat yang berpartisipasi, kegiatan bedah rumah dipastikan akan dilaksanakan secara berkesinambungan,” terangnya.

Inovasi Pelayanan Publik juga mendapatkan berbagai pembenahan dan peningkatan diantaranya pembinaan dan Latihan calon peserta seleksi calon anggota polri, pengiriman SP2HP guna menghindari terjadinya pungli dan gratifikasi, dan menyesuaikan pelayanan publik kunjungan tahanan dengan standar prokes covid 19.

“Pelayanan di Polres Lombok Barat kini telah berbasis IT, dengan membuat  survei bebasis IT, dan hasilnya dikumpulkan dan di evaluasi setiap bulan,” imbuhnya.

Lombok Barat, yang merupakan salah satu icon pariwisata di NTB juga menjadi perhatian Polres Lombok barat yang senantiasa bersinergi dengan aparat pemerintah dan bekerjasama dengan pelaku usaha wisata.

“Yang sudah pernah kami lakukan yaitu, memaksimalkan peran Security melaui pelatihan terhadap security di Hotel dan tempat-tempat wisata, dengan memberikan materi dan pelatihan fisik,” lanjutnya.

Materi pelatihan kepada security dalam penanganan awal atau tipiring yang terjadi di Lingkungan Kerjanya.

“Ini juga didukung dengan keikutsertaan personel Polres Lombok Barat, melakukan pendampingan, untuk memotivasi Scurity serta sebagai bentuk kedekatan dengan Polri,” imbuhnya.

Dalam pengawasan internal sendiri, telah dilakukan pembinaan secara khusus, langsung oleh kapolres, tahapan mulai tindakan fisik dilanjutkan dengan pembinaan.

“Hingga menyiapkan ruang khusus dalam kegiatan keagamaan, hasilnya dengan cara tersebut banyak anggota yang telah berubah,” pungkasnya.

Kapolres menegaskan bahwa upaya maksimal jajarannya serta terobosan yang telah dilakukan, merupakan bentuk keseriusan, agar masyarakat merasakan peran Polri.

“Sejalan dengan upaya cegah korupsi di Lingkungan Polres Lobar, untuk memperoleh predikat WBK kepada Polres Lombok Barat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.