Polsek Praya Timur Dan Polsek Janapria Gelar Rapat Koordinasi Terkait Situasi Kamtibmas

by -0 views

Postntb.com-Praya, -Bertempat di Aula Kantor Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, telah dilaksanakan kegiatan Rapat koordinasi terkait Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Wilayah Hukum Polsek Praya Timur dan Polsek Janapria, Senin (23/11/20).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Praya Timur Lalu Fathurrahman, SH, Kapolsek Praya Timur Iptu Dami, Kapolsek Janapria Iptu H. Muhdar, perwakilan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, Kepala Desa Beleka Holan Asri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Adat dan Tokoh Pemuda.

Seperti contoh Kasus yang menjadi perhatian yakni, seringnya terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan maupun dengan pemberatan di wilayah Kecamatan Praya Timur dan Kecamatan Janapria, yang sebagian pelaku berasal dari Desa Beleka.

Kapolsek Praya Timur Iptu Dami menyarankan kepada seluruh elemen masyarakat, untuk proaktif dan menyikapi permasalahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Praya Timur dan Janapria serta membantu aparat dalam menjaga situasi Kamtibmas.

“Kami juga telah melaksanakan upaya-upaya pencegahan seperti patroli di lokasi yang berpotensi tingkat kerawanannya tinggi pada saat jam-jam tertentu,” ujarnya.

Sedangkan Kapolsek Janapri mengatakan, perlunya sinergitas antara pihak kepolisian, masyarakat dan tokoh-tokoh untuk saling membantu dalam penyelesaian permasalahan di wilayah masing-masing. Seperti yang kerap terjadi yaitu ketika ada permasalahan sering sekali melibatkan massa atau orang banyak sehingga bisa memicu terjadinya konflik atar wilayah.

“Intinya para tokoh harus bekerja sama setiap penyelesaian masalah, jangan sampai niat kita untuk membantu malah beruung tindakan melanggar hukum,” terang Iptu H. Muhdar.

Sementara itu, Camat Praya Timur Lalu Fathurrahman mengatakan akhir-akhir ini sudah sangat sering terjadi persoalan diwilayah praya timur dan menjadikan wilayah kita menjadi zona merah. Tentunya, semua persoalan tersebut, tidak bisa diserahkan semua kepada petugas yakni Kepolisian maupun TNI.

“Saya berharap, dalam pertemuan ini kita bisa mendapat solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi,” ujar Camat Pratim.

Adapun kesepakatan yang disepakati dalam pertemuan, yaitu berkomitmen untuk bekerjasama dalam menjaga situasi kamtibmas di perbatasan wilayah, slaing berkoordinasi apa bila timbul suatu masalah dan sama-sama tidak melibatkan massa dalam penyelesaian masalah antar wilayah.

Selain itu, Kapolsek Praya Timur Dan Janapria juga menghimbau kepada tokoh masyarakat yang hadir, agar selalu mengikuti aturan Protokol Kesehatan 3M 1T yakni Menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun serta Tidak berkerumun, sehingga kita dapat terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.