Banjir Mengintai, Forkopimcam Batulayar Lakukan Pertemuan Bahas Penanggulangannya

by -0 views

postntb.com|Lombok Barat – Dalam Upaya Pemetaan Lokasi Rawan Banjir di Wilayah Batulayar, pihak terkait di kecamatan Batulayar melakukan pertemuan guna membahas ini, Selasa (24/11).

Kapolsek Senggigi AKP Bowo Tri Handoko SE, S.ik mengatakan selain memetakan Lokasi Rawan banjir, pada kesempatan itu juga dibahas mengenai langkah Kelancaran Program Pembersihan Saluran Sekunder dan Saluran Tersier yang ada di Kec.Batulayar.

“Dalam pertemuan tersebut dilakukan pembahasan tentang antisipasi terhadap situasi akhir-akhir ini yang menimpa Kec.Batulayar. Seperti Banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” ungkapnya.

Sejumlah pihak turut mengikuti pertemuan yang digelar di Ruang Camat Batulayar, Ds.Batulayar, Kec.Batulayar, Kab.Lobar.

Pertemuan diikuti oleh Camat Batulayar, Kapolsek Senggigi, Danposramil Batulayar, Kapuskesmas Batulayar, dan pihak-pihak lainnya guna menindaklanjuti perkembangan di batulayar.

“Dari penjelasan Camat batulayar bahwa, bencana Banjir yang terjadi Ruas jalan Besar maupun jalan Kecil (Jalan Desa), yang tentunya meresahkan masyarakat dan Petani,” jelasnya.

Untuk itu dilakukan pemetaan terhadap gorong-gorong sekunder (langsung dari Aliran sungai ke sawah )  dan Tersier (tidak Langsung dari Aliran sungai ke Sawah).

“Untuk itu disepakati bahwa gorong- gorong tersebut kita antisipasi dan lakukan Penanganan pencegahan banjir,” imbuhnya.

Kapolsek juga menjelaskan bahwa TNI-Polri siap untuk ikut berpastisipasi dalam kegiatan apapun baik pencegahan maupun masalah penanganan bencana alam di Kec.Batulayar.

“Pihak Camat akan mendatakan mana kiranya Saluran Gorong-gorong yang Urgent Rawan Banjir, berkoordinasi dengan Desa,” ucapnya.

Terkait peralatan pada saat pencegahan maupun penanganan Masalah bencana Banjir , tanah longsor dan Pohon tumbang akan dikoordinasikan dengan Pemda.

“Seperti skop, Chainsaw, Kapak akan dikoordinasikan dengan Pemda oleh kecamatan Batulayar, untuk selanjutnya akan disiagakan di Kantor Camat Batulayar,” imbuhnya.

Pihak Camat akan membuat surat Himbauan kepada desa- desa agar menghimbau masyarakat desanya agar taat membuang sampah agar tidak sembarangan dibantu oleh TNI dan Polri.

“Rencana Hari Jumat KMPPS mengadakan gotong royong saluran gorong-gorong di Saluran Dsn.Plempat meninting dan Minggu di Gorong-gorong Dsn tegal Ds.Meninting,” tandasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.