Lomba Dakwah Kamtibmas di Lombok Barat, Menjadi Motivasi Polda NTB dan Jajarannya

by -0 views

inforeslobar.online – Grand Final Lomba Dakwah Kamtibmas Polres Lombok Barat, menjadi momentum baru dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Lombok Barat, Kamis (22/10).

Dimana Lomba Dakwah Kamtibmas, dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020, pertama kali di selenggarakan di Lombok Barat, bahkan di NTB.

Dalam kegiatan ini, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal S.I.K., M.H beserta beberapa Pejabat Utama Polda NTB menyaksikan langsung seluruh rangkaian acara hingga selesai.

Dalam sambutanya, Bupati Lombok Barat menyampaikan bahwa kegiatan ini ditempat yang strategis, dimana hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020 adalah hari Santri.

“Bertepatan dengan hari santri dikaitkan dengan menyambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, semoga menjadi berkah dan ibadah yang dilakukan yakni sholat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati sangat mengapreasi Lomba Dakwah Kamtibmas yang diinisiasi oleh Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., sebagai momentum dalam menjaga kamtibmas yang tetap kondusif di Lombok barat.

Selanjutnya Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal S.I.K., M.H. menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Kapolres Lombok Barat adalah inpek dari satu pimpinan yang sangat luar biasa

“Lomba Dakwah Kamtibmas Polres Lombok Barat adalah inpek dari satu pimpinan yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Kapolda NTB sangat mengapresiasi sinergitas di Lombok Barat, dimana hal ini harus diapresiai dimana sinergitas di Lombok Barat dilandasi dengan rasa kekeluargaan (guyub).

“Beginilah Nuansa kekeluargaan yang seharusnya, selalu bersama-sama untuk membangun Lombok Barat,” imbuhnya.

Secara Khusus Kapolda NTB menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah yang dilakukan oleh Kapolres Lombok Barat yang dinilai sangat tepat dan cerdas.

“Insyaallah Lombok barat akan bisa menangani semua tindakan kejahatan, dan kegiatan dakwah ini pertama kali diselenggarakan di Daerah Nusa Tenggara Barat, semoga Kabupaten Lombok Barat menjadi contoh kepada Kabupaten yang lain,” Terangnya.

Dikatakan pula bahwa Kegiatan Dakwah Kamtibmas yang di gelar Polres Lombok Barat merupakan inovasi dan bukti dari suatu kepemimpinan yang luar biasa serta patut di contoh oleh semuanya.

“Nuansa kebersamaan ini sangat patut di contoh, karena FKPD Kabupaten Lombok Barat sudah guyub mewujudkan daerah yang aman dan saya liat juga rekan – rekan telah banyak memberikan inovasi dalam menjaga Harkamtibmas terlebih di masa pandemi ini,” tuturnya.

“Inisiasi yang sudah tepat ini juga membuktikan bahwa TNI-Polri tidak akan bisa optimal melakukan tugas yang diemban apabila masyarakat tidak membantu kami dalam setiap pelaksanaan tugas,” lanjutnya.

Kapolda NTB berharap Dakwah Kamtibmas ini, agar jangan sampai hanya berupa tekstual saja, namun juga harus menjadi suri tauladan yang lebih baik untuk masyarakat.

“Agar para Da’i Kamtibmas bisa melakukan patroli di masjid maupun mushola untuk memberikan imbuan tentang pentingnya pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat,” imbuhnya.

Menurut M. Iqbal acara tersebut telah menginspirasinya guna melakukan inovasi-inovasi yang bertujuan demi mewujudkan Provinsi NTB yang Gemilang.

“Semua ini juga demi mewujudkan masyarakat yang aman, nyaman, tertib, dan sejahtera dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Kapolda NTB.

Dakwah Kamtibmas yang diinisiasi oleh Polres Lombok Barat tersebut diikuti oleh sekitar 26 orang dan menyisakan 6 peserta hingga di tahap Grand Final.

Sementara itu, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK mengatakan dalam tahapan Grand Final ini menyisakan 6 peserta.

“Enam peserta Grand Final ini, telah menjalani karantina selama satu hari dan mendapat bimbingan langsung dari Empat Sekawan,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, para peserta menyampaikan materi masing masing di hadapan para juri dengan estimasi waktu masing masing 10 menit.

Selanjutnya Kapolres Lombok Barat memberikan cinderamata kepada dewan juri atas partisipasinya dalam memberikan penilaian pada pelaksanaan Lomba Dakwah Kamtibmas.

Adapun para pemenang yakni juara I Bripka Lalu Mandayan, juara II Aipda Jallaludin, Juara III Bripka Sofyan Juliandi Anwar. Sedangkan untuk juara harapan atau juara IV Aipda Hasibuan Abdilah, juara V Briptu Mahirudin, juara VI Bripka Roni Kurniawan.

“Penyerahan Piala, Piagam Penghargaan, dan sejumlah uang tunai diserahkan langsung oleh Kapolda NTB kepada para juara Lomba Dakwah Kamtibmas,” pungkasnya.

Kemudian pemberian hadiah kepada para 6 juara oleh Kapolda NTB, Kapolres Lobar, Bupati Lobar, Wakil Bupati Lobar.

Sepanjang pelaksanaan acara dan kegiatan Lomba Dakwah Kamtibmas tersebut, tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.