Kesiapan Pilkada 2020, Polres Loteng Gelar Tactical Floor Game Sispam Kota

by -0 views

Postntb.com-Praya, -Dalam rangka kesiapan menghadapi pengamanan Pilkada serentak 2020, Kepolisian Resor Lombok Tengah melaksanakan latihan sistim pengamanan kota (Sispam Kota) melalui tactical floor game (TFG) yang digelar di lapangan mapolres, selasa (13/10/2020).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wita, dihadiri oleh Kasdim 1620 Lombok Tengah, Kabag Ops Polres Lombok Tengah, Kabag Ren Polres Lombok Tengah, Perwakilan Pengadilan Negeri Praya, Perwakilan Kejaksaan Negeri Praya, perwakilan dari PT Angkasa Pura, perwakilan dari ITDC, Kalakhar BPBD Loteng, Ketua KPUD Loteng, Pasi Ops Kodim 1620, Kadis perhubungan, Kabid Pol Pp, Wadanki Brimob, para kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Lombok Tengah.

Dalam pelatihan TFG tersebut, dilakukan semua skenario tentang setiap tahapan Pilkada 2020, mulai dari situasi aman, hingga pelatihan sistem pengamanan kota (sispamkota) saat terjadi situasi kontijensi seperti unjuk rasa dan kerusuhan hingga situasi dapat dikendalikan.

Simulasi sispam kota juga menampilkan sinergitas Polres Lombok Tengah dengan personel TNI dan istansi terkait dalam mengendalikan situasi akibat unjuk rasa yang dilakukan oleh massa pendukung calon Bupati, yang tidak puas menerima hasil Pilkada 2020.

Kapolres Lombok Tengah melalui Kabag Ops mengungkapkan, pelatihan TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan gambaran, strategi dan langkah yang harus dilakukan dalam kondisi aman maupun apabila terjadi situasi kontijensi terhadap kondusifitas Kamtibmas dalam pengamanan Pilkada nantinya.

“Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang pergerakan dan tugas dari masing-masing personil serta bagaimana kordinasi antar Pimpinan dan antar instansi ketika terjadi gejolak kamtibmas dilapangan”kata Kompol I Kadek Suparta.

“Dan dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan ini, diharapkan seluruh personel mengerti dan tahu bagaimana harus bertindak nantinya. Walaupun kita semua berharap situasi wilayah Kabupaten Lombok Tengah dalam Pilkada 2020 selalu aman dan kondusif,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.