Daerah

Angin Puting Beliung di Desa Taman Ayu Gerung, Sejumlah Rumah Warga Rusak

×

Angin Puting Beliung di Desa Taman Ayu Gerung, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Share this article

PostNTB.com – Angin puting beliung, yang menyapu Dusun Induk, Desa Taman Ayu, Kec. Gerung, Kab. Lobar, mengakibatkan sejumlah kerusakan dan korban luka, Sabtu (10/10).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dimana sebanyak tiga orang mengalami luka ringan, dua rumah rusak berat dan sembilan rumah rusak ringan.

Menindaklanjuti peristiwa ini, Polres Lombok Barat mengerahkan personelnya untuk memberikan bantuan dalam upaya evakuasi dan melakukan pertolongan.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK melalui Kabag Ops AKP Kadek Metria, S.Sos , SH ,MH., mengatakan sejumlah personel Polres Lombok Barat langsung diterjunkan ke Lokasi untuk melakukan tindakan.

“Akibat angin puting beliung ini, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan, terutama bagian atapnya,” ungkapnya.

Ditempat kejadian, personel Polres Lombok Barat yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops, langsung membantu warga untuk membersihkan puing-puing bangunan.

“Anggota membantu lakukan evakuasi dan membersihkan puing bangunan, sedangkan dari hasil pendataan tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Dari hasil pendataan, warga yang mengalami luka ringan diantaranya dua orang dewasa dan satu anak-anak.

“Untuk korban luka, sudah ditangani oleh pihak terkait, kini sudah mendapat perawatan dari public Safety Center Lombok Barat,” imbuhnya.

Kerugian materi sendiri, saat ini tercatat dua rumah rusak berat dan sembilan rumah rusak ringan, dan saat ini sudah dilakukan pembersihan.

“Selain membersihkan puing bangunan, personel Satuan Samapta Polres Lobar juga melakukan pemotongan terhadap pohon, yang berpotensi tumbang di sekitar Lokasi,” imbuhnya.

Dalam bencana alam tersebut, semua pihak turun dilokasi untuk membantu warga, diantaranya dari pihak Kecamatan Gerung, Kades Taman Ayu, Kadus Induk, Polres Lobar dan Polsek Gerung, Babinsa, BPBD, Tagana, PMI Lombok Barat.

“Semua pihak bersinergi membantu warga setempat, membantu para korban dalam membersihkan puing-puing rumah yang rusak berat, serta memberikan bantuan,”jelasnya.

Untuk para korban juga telah mendapat bantuan dari Dinsos, BPBD, Tagana, dan PMI, berupa Terpal, Mie Instan, Slimut, Kasur, tikar, dan obat – obatan.

“Bantuan tersebut langsung diterima oleh Kades taman Ayu, yang nantinya akan diserahkan kepada para korban,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *