Tingkatkan Ketahanan Pangan, Desa Kuranji Terapkan Protokol Kesehatan Covid19 Dalam Produksi Abon Ikan

by -0 views

postNTB.com – Bhabinkamtibmas Desa Kuranji Dalang dan Anggota Unit Intelkam Polsek Labuapi selaku Tim pelaksana lomba kampung sehat Nurut Tatanan Baru mengunjungi usaha mikro kecil menengah (UMKM) kelompok pembuat Abon ikan “Dua Bunda” yang bertempat di Desa Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, Rabu. (15/07)

Kapolsek labuapi Iptu Jahyadi Sibawaih menuturkan kunjungan kekelompok UMKM pembuat abon ikan di Desa Kuranji Bangsal ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pembuatan hingga pengemasan yang dilakukan oleh kelompok ibu-ibu tersebut.

“Pembuatan Abon Ikan dari kelompok masyarakat pembuatan Abon ikan Dua Bunda yang diketuai oleh Sdri. Nuraini dan merupakan usaha kelompok dari Ibu – Ibu warga masyarakat Dusun Kuranji Bangsal,” katanya.

Usaha pembuatan abon ikan Dua Bunda sudah berjalan sejak 2 tahun silam, ikan yang di produksi merupakan ikan hasil tangkapan para nelayan desa setempat kemudian di olah menjadi abon.

“Usaha kelompok pembuatan abon ikan tersebut sudah berjalan dua tahun yang lalu”, ungkap Jahyadi

Abon ikan Dua Bunda tersebut mereka pasarkan di sejumlah pasar di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat dengan harga Rp 20.000 (dua puluh Ribu) per 100 gramnya.

“Hasil UMKM abon ikan Dua Bunda ini sudah kita temukan di pasar-pasar di Kecamatan Labuapi,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Labuapi menghimbau kepada kelompok UMKM pembuat abon ikan Dua Bunda agar tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19, agar tidak tertular covid 19.

“Kami terus memberikan edukasi kepada kelompok usaka kecil warga agar selalu mencuci tangan dengan sabun dan selalu menggunakan masker,” himbaunya.

Selain itu Kapolsek berharap dengan usaha pembuat abon ikan ini mampu menjaga ketahanan pangan termasuk perekonomian warga ditengah pandemi covid 19 yang mewujudkan kampung sehat nurut tatanan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.