Binkam

LIFT Mataram, Satu-satunya Sekolah Penerbangan di Indonesia Timur

×

LIFT Mataram, Satu-satunya Sekolah Penerbangan di Indonesia Timur

Share this article

PostNTB. MATARAM – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc berharap Sekolah Tinggi Penerbangan Lombok Institusi Of Fligh Technologi (LIFT) ini, akan melahirkan penerbang handal dari putra-putri NTB. Hal itu di ungkapkan saat menerima kunjungan Direktur Lombok Institusi Of Fligh Technologi (LIFT) di ruangannya. Senin (29/6/2020).

Gubernur menyebut, dirinya memiliki cita-cita agar kedepan anak-anak petani maupun nelayan bisa mengeyam pendidikan disekolah ini. Bila perlu pemerintah akan menyiapkan dukukungan biaya atau beasiswa bagi anak-anak tersebut.

“Kami akan usahakan agar anak-anak yang memiliki keinginan menjadi penerbang memperoleh pendidikan yang dibiaya pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, dengan keberadaan LIFT sebagai satu-satunya sekolah penerbangan di Wilayah Timur Indonesia.

” Ya membuat siswa- siswi NTB usai menamatkan pendidikan SMA memiliki alternatif untuk melanjutkan jenjang pendidikan sebagai pilot pesawat atau helikopter. Apalagi tantangan kedepan profesi sebagai penerbangan masih langka dimiliki orang, terang Gubernur.” Kata Gubernur NTB.

Gubernur juga mengatakan, di tahun 2021 mendatang, ada perhelatan akbar dunia MotoGP. Maka dibutuhkan SDM yang memiliki keahlian menerbangkan pesawat latih atau helikopter, untuk mengantar tamu yang ingin berkunjung ke Pulau Sumbawa.

Sementara itu, Direktur Lombok Institus Of Fligh Technologi (LIFT) Lalu Didi Yuliadi, menyambut baik dukungan Gubernur NTB. Sebagai putra daerah ia merasa terpanggil untuk memajukan SDM dibidang penerbangan.

Diakuinya, keberadaan sekolah ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan selama 9 tahun berdirinya, siswa-siswi sekolah ini berasal dari luar NTB.

“Kita sedang mendidik siswa-siswi utusan provinsi Papua. Ini kerjasama antara LIFT dengan pemerintah daerah setempat,” katanya.

Ia berharap putra-putri NTB punya minat untuk menempuh pendidikan dibidang penerbangan. Karena wilayah kita terdiri dari 2 pulau besar.

Akses transportasi seperti pesawat latih dan helikopter merupakan alat untuk mempermudah konektivitas antar wilayah dalam provinsi maupun kabupaten.

Sekolah pilot LIFT ada di Jl. Dukuh Saleh No.16 Pejeruk Sejahtera, Ampenan, Kota Mataram. Memiliki fasilitas belajar yang cukup lengkap. Hingga kini, LIFT telah berhasil mencetak lulusan lulusan pilot yang siap bersaing di industri penerbangan nasional dan internasional. Sudah meluluskan sebanyak 150 pilot yang sudah bekerja di maskapai penerbangan dalam dan luar negeri.

Saat ini LIFT mengoperasikan empat pesawat latih jenis Aerospace Liberty XL2 Vanguard. Jenis pesawat ini termasuk pesawat latih tercanggih di dunia sekarang dan satu- satunya sekolah pilot di tanah air yang menggunakan jenis pesawat ini untuk latihan terbang bagi siswa siswinya.

Disamping fasilitas LIFT memiliki sarana praktek di 3 lokasi di NTB, yaitu di Bima, Sumbawa dan BIL Lombok Tengah. Sekolah ini lebih unggul lokasi latihan dibanding sekolah penerbangan di Jawa dan daerah lain.

“Gubernur sudah mendukung penuh dan siap menyekolahkan putra-putri NTB sebagai penerbang menyambut even Motor GP dan industri pariwisata kedepan,” tutup pria asli Lombok ini.

Ikut serta dalam silaturahmi dan kunjungan kerja tersebut Kepala DPMPTSP, Kadis Dikbud, Karo Kerjasama, Sekdispar NTB, Instruktur penerbang Sekolah Penerbang LIFT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *