Pemdes Jagaraga Tuntaskan BLT DD Tahap ke III, Pemda Lobar Apresiasi

by -1 views

PostNTB. LOMBOK BARAT – Sebanyak 15 desa sudah menyalurkan BLT Dana Desa tahap III dan sementara ini 104 Desa tengah proses persiapan penyaluran di Kabupaten Lombok Barat. Dan salah satu Desa yang progresif dan cepat menyalurkan Dana Desa tahap III adalah Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lombok Barat Lalu Edy Sadikin saat ditemui wartawan di ruangannya. Senin (29/6/2020).

Dijelaskan Lalu Edy, Lombok Barat saat ini menyalurkan Bantuan Langsung Tunai melalui dana desa (BLT DD) tahap III sebanyak 15 Desa, Sedangkam 104 Desa tengah dalam proses persiapan.

Menurut dia, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap II hampir 100 persen. Sebanyak 108 desa sudah menyelesaikan penyaluran tahap II, sedangkan sisanya hanya 11 desa yang saat ini belum menuntaskan.

” Kita terus menggenjot desa yang belum menyalurkan tahap II dan tahap III. Terkait BLT DD tahap selanjutnya (tiga buan kedepan), kita belum mendapatkan Juklak dan Juknisnya. Dan kita targetkan penyaluran BLT ini tuntas bulan depan. “Akhir juli mudahan selesai,”jelas dia.

Kadis PMD ini mengapresiasi Desa Jagaraga yang cepat menyalurkan BLT DD. Selain itu, transpransi penyaluran BLT DD berupa uji publik yang dikukan desa setempat.

“ Kami apresiasi desa Jagaraga yang transparan dan cepat menyalurkan BLT DD ini,”jelas dia.

Terpisah, Plt Desa Jagaraga Iskandar S.Sos memaparkan, terkait penyaluran BLT -DD tahap lII, pihaknya masih tetap menggunakan data lama dengan mengakomodir sebanyak 369 KK. Data penerima ini sebelumnya dilakukan secara selektif untuk menghindari penerimaan ganda. Dari alokasi DD kita untuk penanganan bantuan terdampak covid ini, pihaknya mengalokasikan 35 persen dengan total bantuan Rp 221 juta lebih.

“Kami berikan persatu orang 600 ribu dan jumlah ini harus utuh, tidak boleh dipotong dan tidak boleh dobel,” tegasnya.

Alokasi anggaran ini pun dipergunakan terarah. Sehingga peruntukannya benar-benar mengenai sasaran bagi penerima manfaat.

“Prioritas kami adalah mengutamakan kesejahteraan masyarakatdan ini ketiga kalinya (Tahap III), alhamdulillah semuanya berjalan aman tanpa ada hambatan,” ujarnya.

Mengenai bantuan BLT tahap selanjutya, senilai Rp 300 ribu per KK pihaknya masih menunggu edaran atau perbup dari Pemda sebagai payung hukum. “Intinya tetap kami eksekusi, karena bagaimanapun uang masyarakat tetap kembali ke masyarakat,” beber dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.