Daerah

Cuaca Tidak Menentu, Pohon Tumbang di Lembar, Beruntung Tidak Ada Korban Jiwa

×

Cuaca Tidak Menentu, Pohon Tumbang di Lembar, Beruntung Tidak Ada Korban Jiwa

Share this article

PostNTB.com – Cabang Pohon besar patah melintang ditengah jalan, hingga menutup akses jalan terjadi di Dsn. Bakong, Desa Lembar, Kec.Lembar, Minggu (14/6).

Kasat Sabhara polres Lombok Barat Iptu Bambang Indrat menjelaskan bahwa pohon tumbang ini mengakibatkan rusaknya gerbang di dusun tersebut.

“Diduga diakibatkan karena Hujan yang mengguyur di seputaran Wilayah Lembar, sehingga pohon tersebut tumbang, patah di Bagian cabang pohon,” ungkapnya, Senin (15/6).

Pohon tumbang ini pertama kali diketahui oleh personel Sat Sabhara Polres Lobar yang kebetulan melintas dalam melaksanakan kegiatan Patroli.

“Atas temuannya tersebut, sehingga langsung dilaporkan untuk meminta bantuan alat-alat yang memadai untuk mengevakuasinya,” ujarnya.

Atas laporan dari anggotanya tersebut, Kasat Sabhara segera mengerahkan personelnya, berikut dengan kelengkapan yang memadai, seperti alat pemotong kayu.

“Untuk situasi tertentu, Sat Sabhara kini sudah dilengkapi dengan peralatan untuk melakukan penanggulangan bencana,” imbuhnya.

Menurutnya, kesiapan jajarannya ini merupakan bentuk kesiapsiagaan untuk mengantisipasi peristiwa tertentu, seperti yang terjadi saat ini.

“Sesampainya di lokasi, evakuasi berjalan dengan lancar, terlebih saat warga mengetahui personel kami sedang melakukan evakuasi, juga turut membantu,” terangnya.

Terlebih dahulu personel melakukan Evakuasi dengan cara memotong bagian-bagian ranting pohon dengan menggunakan chainsaw.

“Setelah menjadi beberapa bagian, dilakukan pembersihan bersama-sama dengan warga sekitar,” katanya.

Mengetahui anggota kepolisian melakukan evakuasi, sejumlah warga turut membantu dengan membawa peralatan seadanya.

“Ranting-ranting pohon yang patah akhirnya berhasil dievakuasi, dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Kasat Sabhara menghimbau kepada Masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati, mengingat cuaca yang tidak bisa diprediksi akhir-akhir ini.

“Apabila menemukan peristiwa serupa, agar segera untuk melaporkannya, sehingga dari pihak kepolisian dapat melakukan penanganan,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *