Kades Eyat Mayang, Verfikasi data Bantuan Covid-19 Tahap Dua

by -1 views

PostNTB. Lombok Barat – Pemerintah Desa (Pemdes) Eyat Mayang Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat NTB, Mengesa sinkronisasi data calon penerima bantuan Sosial (Bansos) bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Pembahasan data calon penerima bantuan sosial tahap ke dua ini dilaksanakan dalam rapat yang di pimpin Pjs Kepala Desa Eyat Mayang Rijelan di Aula Kantor Desa Eyat Mayang Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Rabo (3/6/2020).

Rapat yang dilaksanakan spasifik membahas validasi dan verfikasi data jumlah calon penerima bantuan sosial. Berdasarkan hasil verfikasi data, calon Kepala Keluarga calon penerima bantuan sosial yang dinyatakan lolos dan berhak menerima bantuan sosial sekitar 472 Kepala Keluarga.

Menurut Pjs Kepala Desa Eyat Mayang Rijelan, validasi data yang dobel penerima BLT, JPS Gemilang dan JPS Mantab pihak desa akan validasi dari semua data penerima baik BLT Dana Desa maupun BPNT, karena masing-masing bantuan itu kemarin ada yang dobel (Ganda).

” Memang kemarin ada yang dobel, Akhirnya kita sepakat baik dari BPD maupun Kepala Dusun untuk memvalidasi dan untuk mengganti data yang dobel itu dari penerima BLT pusat dan BLT dana desa kita ganti dengan yang baru.” Ucap Rijelan, Rabo (3/6/2020).

Rijelan menjelaskan, untuk JPS Gemilang pihaknya mendapat, 86 Kepala Keluarga, sedangkan untuk JPS Bangkit sekitar, 127 Kepala Keluarga. Sedangkan BLT DD pihaknya mendapat, 259 Kepala Keluarga.

” Dan rencana penambahan belum ada, Namun jika ada informasi tentu nanti kita akan sebarkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Tentu setelah waktu penerimaan pada bulan April sampai dengan Juni, dan dari bulan Juli sampai September 2020, Dan itu masih dalam tahap informasi saja untuk sementara regolasi dari Pemerintah Pusat belum turun.

” Ya kita tunggu hasilnya seperti apa nanti.” Kata Rijelan selaku Pjs Kepala Desa Eyat Mayang saat di temui media ini.

Selain itu juga, Rijelan menjelaskan, untuk data penerima BLT ke BSC untuk desa eyat mayang tidak terlalu banyak seperti desa lainnya, tentu bergeser sekitar hanya 1% saja yang dobel (Ganda), itu yang diganti.

” Data yang dobel kita alihkan ke yang tidak dapat, ya khususnya di BLT dana desa.” Ujarnya.

Untuk tahap kedua penyaluran BLT dana desa tersebut, menurut Pjs Kepala Desa Eyat Mayang, kemungkinan akan diberikan sekitar pertengahan bulan juli, Sedangkan untuk JPS Gemilang kemungkinan akan diberikan besok pada hari kamis tanggal 4 juni 2020.

” Itu serentak di kecamatan lembar,” katanya.

Ia menghimbau kepada semua masyarakat, tentu bagi yang belum dapat bantuan tersebut, diharapkan tidak melakukan kericuhan di bawah. Tentu bantuan ini adalah untuk bantuan sosial, bagi kepala keluarga yang miskin dan bukan KK secara umum.” Tentu bagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19,” imbuhnya.

Selain itu Ketua BPD Desa Eyat Mayang Mawandi meminta, kepada semua perangkat desa terutama Kepala dusun agar lebih teliti dalam melakukan pendataan, berikan kepada masyarakat yang tepat sasaran, serta kompak dan menjaga nama desa.

” Anggaplah pembagian BLT dana desa tahap pertama kemarin menjadi pembelajaran serta sebagai motivasi untuk melakukan pendataan serta lakukan verfikasi data yang akurat, tidak ada yang dobel, jika ada yang dobel, agar di kembalikan ke desa dan di berikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan biar tidak ada masalah,” harapnya.(*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.